This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Saturday 10 May 2014

Cara mencetak / print dokumen surat masal (mail merge) pada microsoft word

Cara mencetak atau print out dokumen mail merge atau yang lebih kita kenal dengan surat masal sebenarnya hampir sama dengan mencetak dokumen pada microsoft word biasa, akan tetapi jika kita melakukan dengan cara yang biasa maka yang akan tercetak adalah halaman pertama saja meskipun kita sudah mencetak dengan perintah all pada pengaturan printernya.

Pada saat membuat surat masal, maka akan ada banyak halaman yang akan dicetak, tetapi untuk membuka halaman kita harus membuka satu per satu halaman yang ada. Sehingga untuk mencetak semua halaman pada surat masal kita harus menggunakan perintah Finish & merge pada group finish. Dengan fasilitas tersebut kita tidak perlu membuka dan mencetak satu per satu dokumen yang ada. Jika masih mengalami kesulitan maka ikuti langkah-langkah berikut untuk mencetak surat masal pada ms word:
  1. Buka surat masal ms word yang akan di cetak
  2. jangan lupa link-an dengan database yang sudah dibuat.
  3. Selanjutnya klik mailings pada menu bar ms word
  4. Klik Finish & Merge pada group Finish, kemudian pilih print document pada popup menu.
  5. Selanjutnya akan muncul jendela merge to printer. Pada jendela ini terdapat pilihan print record: all berfungsi untuk mencetak semua dokumen yang ada, current record berfungsi untuk mencetak lembar dokumen yang dibuka, dan from : ....... to : ...... berfungsi untuk mencetak dokumen berdasarkan nomor halaman dokumen.
  6. Jika ingin mencetak semua dokumen yang ada pilih all kemudian klik OK.
  7. Atau anda juga bisa memanfaatkan fungsi from : ... to : ..... , untuk mencetak halama dengan jumlah halaman sesuai dengan kemampuan printer anda.
  8. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ...


Friday 9 May 2014

Cara membuka microsoft word dengan mode safe mode

Safe mode umumnya digunakan untuk membuka windows yang mengalami error saat dibuka dalam keadaan normal. Dengan mode ini kita bisa tetap membuka windows yang sudah mengalami error. Akan tetapi pada postingan kali ini bukan membuka windows dalam safe mode tetapi kita akan membuka aplikasi microsoft office word dalam mode safe mode, sehingga kita tetap akan bisa membuka data kita meskipun aplikasi ms word kita mengalami error baik yang disebabkan oleh virus maupun penyebab lainnya.

Dengan membuka microsoft office word dalam safe mode, maka fitur-fitur yang ditawarkan oleh ms word tidak se komplit seperti fitur-fitur yang ditawarkan oleh microsoft word dalam kondisi normal. akan tetapi dengan fungsi ini kita masih tetap bisa membuka file atau dokumen tanpa harus menginstal kembali aplikasi microsoft office word.

Ada beberapa fitu yang biasanya dapat dibuka dalam ms word tetapi tidak dapat dibuka dalam safe mode, antara lain:
  1. Tidak ada template yang tersimpan dalam ms word
  2. Office assistant tidak dapat muncul secara otomatis
  3. konfigurasi atau pengaturan ms word tidak dapat disimpan.
  4. Autocorrect tidak dapat digunakan
  5. Recovery dokumen tidak dapat dilakukan secara otomatis
  6. Dan fungsi lain yang semula bisa digunakan dalam kondisi normal, tidak dapat digunakan dalam ms word versi safe mode.

Akan tetapi dengan fungsi ini setidaknya kita dapat menggunakan dalam keadaan darurat maupun terburu-buru, dan aplikasi ms word anda mengalami masalah. untuk membuka ms word dalam safe mode, ikuti langkah-langakah berikut:

  1. Sebelum anda membuka file dokumen di ms word anda, tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard kemudian double klik pada sortcut ms word anda.
  2. Selanjutnya akan muncul popup yang menanyakan bahwa apakah anda memulai ms word dalam keadaan safe mode? klik yes
  3. Selamat anda sudah bisa membuka ms word versi safe mode. semoga bisa bermanfaat ...


Thursday 8 May 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

  Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas - Hai sobat apa kabar? Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit info Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas ,mungkin sobat pemakai Android pernah mengalami masalah tersebut,dan memang kebanyakan Android itu memang cepat panas,dan tetntu saja ada penyebab - penyebanya,untuk mengatasi Android yang cepat panas sebaiknya sobat juga mengetahui apa saja penyebabnya ,OK Langsung saja simak

 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

 Penyebab HP Android yang Cepat Panas

1) Kinerja yang Berlebihan
  Dengan kita memaksakan Android kita untuk menjalankan aplikasi tertentu,kemungkinan yang terjadi Android  kita akan cepat panas

2) Kerusakan pada Baterai
  Dengan kerusakan pada baterai menjadikan kinerja hardware kurang stabil,sehingga menjadikan Android juga akan cepat panas

3) Menggunakan HP di Tempat yang Panas
  Dengan kita mengoperasikan HP Android di bawah terik matahari,otomatis Android kita akan cepat sekali panas

4) Active Background Application
  Dengan banyaknya kita membuka aplikasi tanpa menutup aplikasi lainya yang tak terpakai juga akan menjadikan Android cepat panas

5) Debu yang berlebihan
  Dengan adanya debu yang berlebihan pada Android kita menyebabkan terhambatnya saluran suhu  panas,sehingga suhu panas tersebut mengakibatkan panas juga pada HP Android

6) Sinyal yang Bermasalah
  Karena dengan adanya sinyal yang lemah membuat Android akan bekerja lebih keras dan memakasakan diri unruk menangkap sinyal

Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

1) Perhatikan Spesifikasi Android sobat
  Dengan kita memperhatikan spesifikasi dari android kita,kita bisa mengira- ngira pemakaian android kita.

2) Selalu mengecek kondisi Baterai
  Karena kita jangan sampai menggunakan baterai yang rusak,sehingga kinerja hardware tidak optimal

3) Lakukan Pemakaian pada Tempat Suhu Normal
 Untuk megurangi dampak Android yang cepat panas, usahakan melakukan pemakaian pada suhu normal dan kondusif

4) Jaga kebersihan Android
  Dengan kita rajin  membersihkan Android kita, kita bisa meminimalisir menempelnya debu pada Android,yang juga salah satu penyebab Android panas


5) Selalu menutup apalikasi setelah dipergunakan
  Dengan kita menggunakan fasilitas Active Background Application ,akan menambah beban pada kinerja android,sebaiknya tutup aplikasi setelah digunakan

6) Matikan Jaringan internet saat sinyal lemah
  Dengan sinyal yang lemah membuat Android bekerja keras untuk mencari sinyal,sebaiknya pada saat sinyal lemah matikan jaringan internet nya terlebih dahulu


 Sekian dulu sobat  Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas, Semoga bermanfaat

Wednesday 7 May 2014

Cara mudah membuat kartu nama dengan microsoft word

Kartu nama merupakan kartu pengenal selain KTP yang bisa kita buat sendiri sesuai dengan keinginan kita. Bagi seorang pebisnis ataupun penjual jasa, kartu nama merupakan sesuatu yang sangat penting karena berfungsi untuk mengenalkan diri kita dan perofesi apa yang sedang kita jalani, sehingga orang akan lebih tahu tentang kita dari kartu nama tersebut.

Saat ini sagat banyak sekali jasa untuk membuat kartu nama, akan tetapi alangkah lebih baik kita bisa mendesain sendiri kartu nama yang akan kita gunakan karena selain akan sesuai dengan keinginan kita, kita juga akan menghemat biaya untuk pengeluaran pembuatan kartu nama.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat kartu nama ( bussines card ) dengan menggunakan microsoft office word. Untuk membuat kartu nama dengan ms word memang ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu komputer yang anda gunakan harus terkoneksi dengan internet, karena nantinya akan digunakan untuk mengunduh template kartu nama yang sudah disediakan oleh microsoft.
Untuk membuat kartu nama dengan microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka lembar kerja microsoft office word
  2. Langkah kedua klik office button yang berada di pojok kiri atas ms word, kemudian pilih new.
  3. Selanjutnya akan muncul jendela new document, pada jendela ini dibagian template pilih bussiness cards. tunggu beberapa saat karena ms word akan mengunduh template yang disediakan oleh microsoft.
  4. Langkah keempat pilih template yang anda inginkan.
  5. Klik double klik pada template, selanjutnya ms word akan otomatis mengunduh template tersebut.
  6. Selanjutnya template yang anda pilih akan secara otomatis terbuka.
  7. klik I agree untuk menyetujui menggunakan bussiness cards.
  8. Klik edit card text untuk merubah tulisan yang ada pada kartu nama. maka secara otomatis akan merubah kartu nama yang ada pada lembar kerja ms word.
  9. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ....


Tuesday 6 May 2014

Cara membuat surat masal / mail merge pada microsoft office word

Fungsi mail merge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat.

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang fungsi dari mail merge pada ms word, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mail merge pada microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buat template surat yang akan dibuat surat masal
  2. Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
  3. Pada popup menu, pilih Type New List.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat. 
  5. Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
  6. Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
  7. langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
  8. Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
  9. Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
  10. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
  11. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.

Fungsi mailings pada microsoft office word

Fungsi mailings pada ms word berbeda dengan fungsi dari hiperlinks. Jika hiperlink berfungsi untuk memberikan jalan pintas kepada kata atau kalimat yang dituju melalui hiperlinks, akan tetapi fungsi dari mailings pada ms word adalah untuk membuat link yang akan terhubung ke dalam database yang sudah dibuat. database bisa dari microsoft office access atau dari microsoft office excel. Fungsi mailings biasanya digunakan untuk membuat surat masal dengan format tulisan yang sama tetapi mempunyai data yang berbeda dari setiap surat. Misalnya kita akan membuat undangan dengan jumlah 100 undangan dengan format undangan yang sama, akan tetapi kita harus memasukkan nama dari penerima surat berbeda-beda.

Dengan fungsi ini kita bisa langsung membuat surat secara otomatis yang sudah terhubung dengan database yang sudah dibuat dan kita juga bisa mencetak surat sesuai dengan urutan database yang sudah kita buat.

Untuk membuat surat yang sudah terintegrasi dengan database, kita harus membuat template dari surat tersebut. untuk membuatnya kita hanya perlu menggunakan fungsi mailings pada microsoft office word. atau lihat gambar di bawah ini.
Selanjutnya pilih start mail merge untuk memulai membuat surat masal. untuk membuat surat massal ikuti langkah pada postingan cara membuat mail merge / surat masal pada microsoft office word.
Semoga bisa bermanfaat ....

Monday 5 May 2014

Cara merubah warna garis bawah / underline pada microsoft office word

Garis bawah atau underline pada microsoft office word biasanya digunakan untuk memberikan tanda pada sebuah kata atau kalimat dengan tujuan untuk memberikan penekanan arti pada kalimat atau kata yang di garis bawahi. Secara default warna garis bawah pada saat kita membuat garis bawah di microsoft word adalah warna hitam, sehingga garis bawah tersebut tidak begitu kelihatan karena warna garis bawahnya sama dengan warna text pada lembar kerja ms word. untuk menggati warna garis bawah / underline pada microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Seleksi kata atau kalimat yang akan diberi garis bawah dengan memblok kata tersebut.
  2. Klik menu home pada menu bar, selanjutnya klik U pada group font
  3. Setelah selesai membuat garis bawah, klik tanda anak panah kecil di sebelah kanan tanda U.
  4. Selanjutnya akan muncul popup menu, kemudian pilih underline color.
  5. Pilih warna  garis bawah sesuai dengan kesukaan anda.
  6. Lihat hasilnya.
Dengan memberikan garis bawah pada kata maupun kalimat, maka akan memberikan penekanan untuk menjadi sebuah topik pembicaraan maupun kata kunci dari sebuah kalimat. Sehingga pembaca akan lebih memfokuskan pada kata maupun kalimat yang digaris bawahi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ....


Cara mencetak / print dokumen surat masal (mail merge) pada microsoft word

Cara mencetak atau print out dokumen mail merge atau yang lebih kita kenal dengan surat masal sebenarnya hampir sama dengan mencetak dokumen pada microsoft word biasa, akan tetapi jika kita melakukan dengan cara yang biasa maka yang akan tercetak adalah halaman pertama saja meskipun kita sudah mencetak dengan perintah all pada pengaturan printernya.

Pada saat membuat surat masal, maka akan ada banyak halaman yang akan dicetak, tetapi untuk membuka halaman kita harus membuka satu per satu halaman yang ada. Sehingga untuk mencetak semua halaman pada surat masal kita harus menggunakan perintah Finish & merge pada group finish. Dengan fasilitas tersebut kita tidak perlu membuka dan mencetak satu per satu dokumen yang ada. Jika masih mengalami kesulitan maka ikuti langkah-langkah berikut untuk mencetak surat masal pada ms word:
  1. Buka surat masal ms word yang akan di cetak
  2. jangan lupa link-an dengan database yang sudah dibuat.
  3. Selanjutnya klik mailings pada menu bar ms word
  4. Klik Finish & Merge pada group Finish, kemudian pilih print document pada popup menu.
  5. Selanjutnya akan muncul jendela merge to printer. Pada jendela ini terdapat pilihan print record: all berfungsi untuk mencetak semua dokumen yang ada, current record berfungsi untuk mencetak lembar dokumen yang dibuka, dan from : ....... to : ...... berfungsi untuk mencetak dokumen berdasarkan nomor halaman dokumen.
  6. Jika ingin mencetak semua dokumen yang ada pilih all kemudian klik OK.
  7. Atau anda juga bisa memanfaatkan fungsi from : ... to : ..... , untuk mencetak halama dengan jumlah halaman sesuai dengan kemampuan printer anda.
  8. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ...



Read more...

Cara membuka microsoft word dengan mode safe mode

Safe mode umumnya digunakan untuk membuka windows yang mengalami error saat dibuka dalam keadaan normal. Dengan mode ini kita bisa tetap membuka windows yang sudah mengalami error. Akan tetapi pada postingan kali ini bukan membuka windows dalam safe mode tetapi kita akan membuka aplikasi microsoft office word dalam mode safe mode, sehingga kita tetap akan bisa membuka data kita meskipun aplikasi ms word kita mengalami error baik yang disebabkan oleh virus maupun penyebab lainnya.

Dengan membuka microsoft office word dalam safe mode, maka fitur-fitur yang ditawarkan oleh ms word tidak se komplit seperti fitur-fitur yang ditawarkan oleh microsoft word dalam kondisi normal. akan tetapi dengan fungsi ini kita masih tetap bisa membuka file atau dokumen tanpa harus menginstal kembali aplikasi microsoft office word.

Ada beberapa fitu yang biasanya dapat dibuka dalam ms word tetapi tidak dapat dibuka dalam safe mode, antara lain:
  1. Tidak ada template yang tersimpan dalam ms word
  2. Office assistant tidak dapat muncul secara otomatis
  3. konfigurasi atau pengaturan ms word tidak dapat disimpan.
  4. Autocorrect tidak dapat digunakan
  5. Recovery dokumen tidak dapat dilakukan secara otomatis
  6. Dan fungsi lain yang semula bisa digunakan dalam kondisi normal, tidak dapat digunakan dalam ms word versi safe mode.

Akan tetapi dengan fungsi ini setidaknya kita dapat menggunakan dalam keadaan darurat maupun terburu-buru, dan aplikasi ms word anda mengalami masalah. untuk membuka ms word dalam safe mode, ikuti langkah-langakah berikut:

  1. Sebelum anda membuka file dokumen di ms word anda, tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard kemudian double klik pada sortcut ms word anda.
  2. Selanjutnya akan muncul popup yang menanyakan bahwa apakah anda memulai ms word dalam keadaan safe mode? klik yes
  3. Selamat anda sudah bisa membuka ms word versi safe mode. semoga bisa bermanfaat ...



Read more...

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

  Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas - Hai sobat apa kabar? Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit info Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas ,mungkin sobat pemakai Android pernah mengalami masalah tersebut,dan memang kebanyakan Android itu memang cepat panas,dan tetntu saja ada penyebab - penyebanya,untuk mengatasi Android yang cepat panas sebaiknya sobat juga mengetahui apa saja penyebabnya ,OK Langsung saja simak

 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

 Penyebab HP Android yang Cepat Panas

1) Kinerja yang Berlebihan
  Dengan kita memaksakan Android kita untuk menjalankan aplikasi tertentu,kemungkinan yang terjadi Android  kita akan cepat panas

2) Kerusakan pada Baterai
  Dengan kerusakan pada baterai menjadikan kinerja hardware kurang stabil,sehingga menjadikan Android juga akan cepat panas

3) Menggunakan HP di Tempat yang Panas
  Dengan kita mengoperasikan HP Android di bawah terik matahari,otomatis Android kita akan cepat sekali panas

4) Active Background Application
  Dengan banyaknya kita membuka aplikasi tanpa menutup aplikasi lainya yang tak terpakai juga akan menjadikan Android cepat panas

5) Debu yang berlebihan
  Dengan adanya debu yang berlebihan pada Android kita menyebabkan terhambatnya saluran suhu  panas,sehingga suhu panas tersebut mengakibatkan panas juga pada HP Android

6) Sinyal yang Bermasalah
  Karena dengan adanya sinyal yang lemah membuat Android akan bekerja lebih keras dan memakasakan diri unruk menangkap sinyal

Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

1) Perhatikan Spesifikasi Android sobat
  Dengan kita memperhatikan spesifikasi dari android kita,kita bisa mengira- ngira pemakaian android kita.

2) Selalu mengecek kondisi Baterai
  Karena kita jangan sampai menggunakan baterai yang rusak,sehingga kinerja hardware tidak optimal

3) Lakukan Pemakaian pada Tempat Suhu Normal
 Untuk megurangi dampak Android yang cepat panas, usahakan melakukan pemakaian pada suhu normal dan kondusif

4) Jaga kebersihan Android
  Dengan kita rajin  membersihkan Android kita, kita bisa meminimalisir menempelnya debu pada Android,yang juga salah satu penyebab Android panas


5) Selalu menutup apalikasi setelah dipergunakan
  Dengan kita menggunakan fasilitas Active Background Application ,akan menambah beban pada kinerja android,sebaiknya tutup aplikasi setelah digunakan

6) Matikan Jaringan internet saat sinyal lemah
  Dengan sinyal yang lemah membuat Android bekerja keras untuk mencari sinyal,sebaiknya pada saat sinyal lemah matikan jaringan internet nya terlebih dahulu


 Sekian dulu sobat  Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas, Semoga bermanfaat

Read more...

Cara mudah membuat kartu nama dengan microsoft word

Kartu nama merupakan kartu pengenal selain KTP yang bisa kita buat sendiri sesuai dengan keinginan kita. Bagi seorang pebisnis ataupun penjual jasa, kartu nama merupakan sesuatu yang sangat penting karena berfungsi untuk mengenalkan diri kita dan perofesi apa yang sedang kita jalani, sehingga orang akan lebih tahu tentang kita dari kartu nama tersebut.

Saat ini sagat banyak sekali jasa untuk membuat kartu nama, akan tetapi alangkah lebih baik kita bisa mendesain sendiri kartu nama yang akan kita gunakan karena selain akan sesuai dengan keinginan kita, kita juga akan menghemat biaya untuk pengeluaran pembuatan kartu nama.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat kartu nama ( bussines card ) dengan menggunakan microsoft office word. Untuk membuat kartu nama dengan ms word memang ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu komputer yang anda gunakan harus terkoneksi dengan internet, karena nantinya akan digunakan untuk mengunduh template kartu nama yang sudah disediakan oleh microsoft.
Untuk membuat kartu nama dengan microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka lembar kerja microsoft office word
  2. Langkah kedua klik office button yang berada di pojok kiri atas ms word, kemudian pilih new.
  3. Selanjutnya akan muncul jendela new document, pada jendela ini dibagian template pilih bussiness cards. tunggu beberapa saat karena ms word akan mengunduh template yang disediakan oleh microsoft.
  4. Langkah keempat pilih template yang anda inginkan.
  5. Klik double klik pada template, selanjutnya ms word akan otomatis mengunduh template tersebut.
  6. Selanjutnya template yang anda pilih akan secara otomatis terbuka.
  7. klik I agree untuk menyetujui menggunakan bussiness cards.
  8. Klik edit card text untuk merubah tulisan yang ada pada kartu nama. maka secara otomatis akan merubah kartu nama yang ada pada lembar kerja ms word.
  9. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ....



Read more...

Cara membuat surat masal / mail merge pada microsoft office word

Fungsi mail merge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat.

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang fungsi dari mail merge pada ms word, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mail merge pada microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buat template surat yang akan dibuat surat masal
  2. Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
  3. Pada popup menu, pilih Type New List.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat. 
  5. Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
  6. Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
  7. langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
  8. Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
  9. Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
  10. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
  11. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.

Read more...

Fungsi mailings pada microsoft office word

Fungsi mailings pada ms word berbeda dengan fungsi dari hiperlinks. Jika hiperlink berfungsi untuk memberikan jalan pintas kepada kata atau kalimat yang dituju melalui hiperlinks, akan tetapi fungsi dari mailings pada ms word adalah untuk membuat link yang akan terhubung ke dalam database yang sudah dibuat. database bisa dari microsoft office access atau dari microsoft office excel. Fungsi mailings biasanya digunakan untuk membuat surat masal dengan format tulisan yang sama tetapi mempunyai data yang berbeda dari setiap surat. Misalnya kita akan membuat undangan dengan jumlah 100 undangan dengan format undangan yang sama, akan tetapi kita harus memasukkan nama dari penerima surat berbeda-beda.

Dengan fungsi ini kita bisa langsung membuat surat secara otomatis yang sudah terhubung dengan database yang sudah dibuat dan kita juga bisa mencetak surat sesuai dengan urutan database yang sudah kita buat.

Untuk membuat surat yang sudah terintegrasi dengan database, kita harus membuat template dari surat tersebut. untuk membuatnya kita hanya perlu menggunakan fungsi mailings pada microsoft office word. atau lihat gambar di bawah ini.
Selanjutnya pilih start mail merge untuk memulai membuat surat masal. untuk membuat surat massal ikuti langkah pada postingan cara membuat mail merge / surat masal pada microsoft office word.
Semoga bisa bermanfaat ....

Read more...

Cara merubah warna garis bawah / underline pada microsoft office word

Garis bawah atau underline pada microsoft office word biasanya digunakan untuk memberikan tanda pada sebuah kata atau kalimat dengan tujuan untuk memberikan penekanan arti pada kalimat atau kata yang di garis bawahi. Secara default warna garis bawah pada saat kita membuat garis bawah di microsoft word adalah warna hitam, sehingga garis bawah tersebut tidak begitu kelihatan karena warna garis bawahnya sama dengan warna text pada lembar kerja ms word. untuk menggati warna garis bawah / underline pada microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Seleksi kata atau kalimat yang akan diberi garis bawah dengan memblok kata tersebut.
  2. Klik menu home pada menu bar, selanjutnya klik U pada group font
  3. Setelah selesai membuat garis bawah, klik tanda anak panah kecil di sebelah kanan tanda U.
  4. Selanjutnya akan muncul popup menu, kemudian pilih underline color.
  5. Pilih warna  garis bawah sesuai dengan kesukaan anda.
  6. Lihat hasilnya.
Dengan memberikan garis bawah pada kata maupun kalimat, maka akan memberikan penekanan untuk menjadi sebuah topik pembicaraan maupun kata kunci dari sebuah kalimat. Sehingga pembaca akan lebih memfokuskan pada kata maupun kalimat yang digaris bawahi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ....



Read more...