This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Thursday, 17 July 2014

Cara menghilangkan mini toolbar on selection pada microsoft word

Mini toolbar on selection adalah beberapa tool atau perintah yang ada pada microsoft word yang paling sering digunakan oleh user. Mini toolbar on selection sendiri akan muncul ketika kita melakukan editing teradap isi dari dokumen. Kadang orang merasa senang dengan adanya ini karena dapat mempercepat kerja mereka, akan tetapi juga ada beberapa orang yang tidak menyukainya karena mengganggu kerja kita. Belum lagi setiap kali melakukan editing mini toolbar on selection akan selalu muncul.

Sebenarnya dengan adanya mini tool bar ini user tidak perlu mengakses ribbon pada tool bar ms word karena sudah disediakan dan akan otomatis muncul berada dengan dengan pointer mouse kita. Akan tetapi jika anda merasa tidak memerlukan mini toolbar ini sebaiknya di nonaktifkan saja karena kebanyakan orang sudah terbiasa dengan toolbar yang ada. Untuk menghilangkan mini toolbar on selection. ikuti langkah berikut:

  1. Klik Office button microsoft word
  2. Selanjutnya plih menu Word Option
  3. Pada menu Popular, lihat pada panel sebelah kanan kemudian hilangkan centang pada Show Mini Toolbar on Selection kemudian klik OK
  4. Mulai sekarang ketika anda menyeleksi atau melakukan editing pada dokumen anda makan mini toolbar on selection tidak akan mencul kembali

Cara mengurutkan data berdasarkan abjad di microsoft word - Ascending dan Descending

Mengurutkan data berdasarkan huruf abjad atau alfabet sangat memudahkan pengguna untuk mencari data yang ingin dicari. Sehingga pada saat kita membuat absensi maka biasanya kita mengurutkan data nama siswa berdasarkan hurf abjad dari nama siswa tersebut. Data yang diinput secara acak akan memperlambat proses pencarian data sehingga sangat perlu untuk menggunakan fungsi ascending dan descending pada microsoft word untuk mengurutkan data.

Mengurutkan data di microsoft word sebenarnya hampr sama dengan mengurutkan data pada microsoft office excell. Untuk mengurutkan data berdasarkan abjad dengan cepat dan mudah di dalam microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Setelah anda menuliskan data pada lembar kerja ms word
  2. Blok terlebih dahulu data yang akan diurutkan
  3. Selanjutnya pada menu Home, pilih menu Sort pada group paragraph.
  4. maka akan muncul jendela SORT TEXT
  5. Disini kita akan dihadapkan pada 2 pilihan yaitu mengurutkan berdasarkan dari abjad terkecil atau Ascending atau mengurutkan berdasarkan data terbesar atau Descending
  6. Jika kita ingin mengurutkan data berdararkan abjad terkecil atau dimulai dari huruf A maka kita pilih Ascending, Sebaliknya jika kita ingin mengurutkan data berdasarkan huruf terbesar atau dimulai dari huruf Z maka kita centang atau pilih Descending
  7. Klik OK jika sudah selesai


Wednesday, 16 July 2014

Cara membuat auto backup dokumen di microsoft word

Membuat microsoft office otomatis backup dokumen bertujuan untuk melindungi data yang sudah kita kerjakan di lembar kerja ms word agar data update yang sudah diperbaharui langsung otomatis menyimpan, sehingga jika ada permasalahan pada komputer atau tiba-tiba komputer mati karena mati lampu maka kita sudah punya salinan dari backup tersebut. Hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi dari penggunaan sumber daya komputer. Kadang kita lupa menyimpan hasil pembaruan data sehingga apa yang sudah dikerjakan terasa sia-sia karena tidak ada backup data.

Pada program microsoft office word kita data mengatur agar aplikasi ms word yang kita pakai otomatis akan membackup data dengan sendirinya, sehingga tanpa kita sadari kita sudah menyimpan data tersebut. Untuk membuat pengaturan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik pada office button 
  • Pilih Word Option
  • Selanjutnya pilih menu Advance pada sidebar sebelah kiri
  • Pada panel sebelah kanan, scroll ke bawah sampai menemukan kolom SAVE.
  • Langkah selanjutnya centang Always Create Backup Copy
  • Kemudian klik OK
Cara kerja pengaturan ini: Ketika kita menyimpan sebuah dokumen ms word pada folder tertentu dengan nama FILE_ANDA maka jika kita melakukan pembaruan baik mengurangi isi dokumen maupun menambah isi dokumen tersebut, secara otomatis microsoft word akan memberikan salinan di dalam folder tersebut dengan nama file Backup of FILE_ANDA. Sehingga jika sewaktu-waktu ada permasalahan pada komputer yang menyebabkan komputer mati atau ada ganggunan kelistrikan maka kita sudah mengatisipasi dengan melakukan otomatis backup. Perubahan terakhir yang kita lakukan akan ada di dalam file Backup of FILE_ANDA.

Cara menyembunyikan text/font pada microsoft word - hidden font

Hidden pada kalimat tertentu atau font di microsoft office word dapat dilakukan dengan merubah pengaturan dari font tersebut agar font tersebut di hidden sehingga font tidak dapat ditampilkan dan dibaca oleh orang lain. Mempunyai dokumen yang sangan penting dan sangat rahasia haruslah dijaga keamanannya, terlebih lagi dokumen atau tulisan tersebut tidak boleh dibaca oleh sembarang orang, misalnya seperti password email maupun pin untuk aktivasi akun tertentu. Untuk mengingat data akun kita kadang kita perlu mencatatnya pada dokumen di microsoft word agar kelak jika kita lupa terhadap password atau pin bisa kita lihat di dalam dokumen tersebut.

Akan tetapi bagaimana jika dokumen tersebut dibaca oleh orang lain? sehingga password atau pin kita menjadi bukan rahasia lagi? Untuk mengatasi hasl tersebut kita bisa menyembunyikan kalimat tertentu pada sebuah dokumen atau suku kata yang ada pada dokumen sehingga kata atau kalimat tersebut tidak bisa terbaca oleh orang lain.

Agar file anda aman dan tetap rahasia, untuk menyembunyikan kata atau kalimat pada dokumen ms word, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Blok terlebih dahulu kalimat atau kata yang akan disembunyikan
  • Selanjutnya klik kanan pada kalimat tersebut sehingga akan muncul popup, kemudian pilih FONT
  • Maka anda akan dibawa ke jendela FONT.
  • Pada jendela FONT ada kolom pengaturan effects pada font
  • Centang tanda HIDDEN untuk menyembunyikan kata atau kalimat.
  • Dengan cara ini maka tulisan atau kalimat yang anda sembunyikan tidak dapat dilihat oleh orang lain.
  • Untuk mengembalikan tampilan dari kalimat yang hilang anda bisa hilangkan tanda centang pada hidden di effects font. 
  • Jika anda kesulitan untuk mensorting atau mengeblok tulisan yang hilang, anda bisa menekan CTRL + A untuk mengeblok semua tulisan. 

Tuesday, 15 July 2014

Cara cepat merubah huruf awal kalimat atau kata menjadi huruf besar

Bagaimana cara cepat merubah huruf yang berada di awal kata atau kalimat menjadi huruf besar atau huruf kapital tanpa harus mengedit satu persatu? Pada saat kta mengetik kadang kita akan lupa dengan menekan tombol SHIFT sehingga hasil dari tulisan kita tetap huruf kecil, padahal kita akan merubah tulisan tersebut menjadi huruf besar.

Atau pada saat mengtik ketika tulisan sudah berakhir dengan tanda titik di akhir kalimat, kadang kita juga langsung mengtikkan tanpa menekan tonbol SHIFT atau mengaktifkan fungsi CAPS LOCK sehingga huruf diawal kalimat menjadi huruf kecil. Kita tahu bahwa penulisan yang benar adalah huruf pada awal kalimat harus menggunakan huruf kapital atau huruf besar. Bagaimana cara merubahnya secara otomatis tanpa mengedit satu per satu tulisan tersebut?

Untuk merubah tulisan diawal kalimat menjadi huruf besar ikuti langkat berikut:

  1. Klik Office button --> pilih Word Option
  2. Maka akan muncul jendela Word Option
  3. Pilih menu proofing pada sidebar sebelah kiri, kemudian pada panel sebelah kanan klik AutoCorrect Option
  4. Maka akan muncul jendela AutoCorrect
  5. Selanjutnya centang tanda Capitalize first letter of sentences dan Capitalize first letter of table cells.
  6. Jika sudah selesai klik OK
Untuk merubah huruf diawal kata menjadi huruf besar ikuti langkah berikut:
  • Blok terlebih dahulu tulisan atau kalimat yang akan dirubah
  • Selanjutnya klik tombol keyboard ALT -- O -- E secara bergantian
  • maka akan muncul jendela Change Case
  • Centang pilihan Capitalize Each Word
  • Klik OK

Cara mempercepat print dokumen di microsoft word

Cara mengatur pengaturan di ms word agar mempercepat proses print dokumen di microsoft word dapat dilakukan dengan men-setting pengaturan printer yang ada pada word option. Pada saat melakukan pekerjaan mencetak dokumen dengan file ms word maka kita akan juga tergantung dari jenis printer yang digunakan. Jenis printer yang digunakan juga akan mempengaruhi cepat atau tidaknya proses percetakan. Jika kita menggunakan printer jenis laserjet maka proses percetakan akan lebih cepat dibandingkan dengan jika kita menggunakan printer jenis tinta.

Akan tetapi jika kita ingin mencetak dokumen dengan lebih cepat dari yang biasanya, ada dua hal yang harus disetting yaitu pengturan pada printer dan pengaturan pada microsoft office word itu sendiri. Untuk mempercepat dengan mengatur pengaturan pada printer, kita dapat mengubah print quality menjadi fast.

Selain itu kita juga harus mengatur pengaturan pada word optionnya agar proses cetakan lebih cepat. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah anda membuka dokumen anda
  • Klik office button pada pojok kiri atas kemudian pilih WORD OPTION
  • Setelah muncul jendela WORD OPTION pilih menu ADVANCE, kemudia pada panel sebelah kanan scroll ke bawah sampai anda menemukan kolom PRINT.
  • Selanjutnya hilangkan tanda PRINT IN BACKGROUND
  • Jika sudah selesai klik OK


Sunday, 13 July 2014

Cara merubah nama penulis pada microsoft word - Author name

Nama penulis sangat melekat pada sebuah dokumen atau file di microsoft office, baik di microsoft office word, power point maupun pada microsoft office excell. Nama penulis ini akan menjadi sebuah identitas dari sebuah file sehingga akan memberikan keterangan kepada orang lain tentang file tersebut dan siapa pembuatnya. Nama penulis sendiri umumnya adalah nama dari komputer kita yang menjadi default name author dari microsoft word kita.

Untuk melihat nama penulis dari sebuah file microsoft word, anda bisa mengarahkan mouse pada file tersebut sehingga akan muncul popup keterangan dari dokumen tersebut. Didalam keterangan tersebut biasanya terdapat keterangan tentang kapan data tersebut terakhir dimofikasi, nama penulis, ukuran file dan lain-lain. Jika kita mengcopy data tersebut dari komputer lain atau dari orang lain maka data tersebut mempunyai nama penulis milik orang lain. Atau anda juga bisa melihat keterangan tersebut dengan menampilkan detail dari file tersebut.

Untuk merubah nama penulis dari sebuah dokumen atau file di microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada file yang akan diganti nama penulisnya, selanjutnya klik properties.
  2. Setelah jendela properties muncul, pilih menu details.
  3. Selanjutnya pada kolom author, ganti dengan nama baru dari penulis, misalkan nama anda atau anda juga bisa menambahkan nama penulis dari dokumen tersebut.
  4. Selanjutnya klik OK 

Cara menghilangkan mini toolbar on selection pada microsoft word

Mini toolbar on selection adalah beberapa tool atau perintah yang ada pada microsoft word yang paling sering digunakan oleh user. Mini toolbar on selection sendiri akan muncul ketika kita melakukan editing teradap isi dari dokumen. Kadang orang merasa senang dengan adanya ini karena dapat mempercepat kerja mereka, akan tetapi juga ada beberapa orang yang tidak menyukainya karena mengganggu kerja kita. Belum lagi setiap kali melakukan editing mini toolbar on selection akan selalu muncul.

Sebenarnya dengan adanya mini tool bar ini user tidak perlu mengakses ribbon pada tool bar ms word karena sudah disediakan dan akan otomatis muncul berada dengan dengan pointer mouse kita. Akan tetapi jika anda merasa tidak memerlukan mini toolbar ini sebaiknya di nonaktifkan saja karena kebanyakan orang sudah terbiasa dengan toolbar yang ada. Untuk menghilangkan mini toolbar on selection. ikuti langkah berikut:

  1. Klik Office button microsoft word
  2. Selanjutnya plih menu Word Option
  3. Pada menu Popular, lihat pada panel sebelah kanan kemudian hilangkan centang pada Show Mini Toolbar on Selection kemudian klik OK
  4. Mulai sekarang ketika anda menyeleksi atau melakukan editing pada dokumen anda makan mini toolbar on selection tidak akan mencul kembali

Read more...

Cara mengurutkan data berdasarkan abjad di microsoft word - Ascending dan Descending

Mengurutkan data berdasarkan huruf abjad atau alfabet sangat memudahkan pengguna untuk mencari data yang ingin dicari. Sehingga pada saat kita membuat absensi maka biasanya kita mengurutkan data nama siswa berdasarkan hurf abjad dari nama siswa tersebut. Data yang diinput secara acak akan memperlambat proses pencarian data sehingga sangat perlu untuk menggunakan fungsi ascending dan descending pada microsoft word untuk mengurutkan data.

Mengurutkan data di microsoft word sebenarnya hampr sama dengan mengurutkan data pada microsoft office excell. Untuk mengurutkan data berdasarkan abjad dengan cepat dan mudah di dalam microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Setelah anda menuliskan data pada lembar kerja ms word
  2. Blok terlebih dahulu data yang akan diurutkan
  3. Selanjutnya pada menu Home, pilih menu Sort pada group paragraph.
  4. maka akan muncul jendela SORT TEXT
  5. Disini kita akan dihadapkan pada 2 pilihan yaitu mengurutkan berdasarkan dari abjad terkecil atau Ascending atau mengurutkan berdasarkan data terbesar atau Descending
  6. Jika kita ingin mengurutkan data berdararkan abjad terkecil atau dimulai dari huruf A maka kita pilih Ascending, Sebaliknya jika kita ingin mengurutkan data berdasarkan huruf terbesar atau dimulai dari huruf Z maka kita centang atau pilih Descending
  7. Klik OK jika sudah selesai



Read more...

Cara membuat auto backup dokumen di microsoft word

Membuat microsoft office otomatis backup dokumen bertujuan untuk melindungi data yang sudah kita kerjakan di lembar kerja ms word agar data update yang sudah diperbaharui langsung otomatis menyimpan, sehingga jika ada permasalahan pada komputer atau tiba-tiba komputer mati karena mati lampu maka kita sudah punya salinan dari backup tersebut. Hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi dari penggunaan sumber daya komputer. Kadang kita lupa menyimpan hasil pembaruan data sehingga apa yang sudah dikerjakan terasa sia-sia karena tidak ada backup data.

Pada program microsoft office word kita data mengatur agar aplikasi ms word yang kita pakai otomatis akan membackup data dengan sendirinya, sehingga tanpa kita sadari kita sudah menyimpan data tersebut. Untuk membuat pengaturan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik pada office button 
  • Pilih Word Option
  • Selanjutnya pilih menu Advance pada sidebar sebelah kiri
  • Pada panel sebelah kanan, scroll ke bawah sampai menemukan kolom SAVE.
  • Langkah selanjutnya centang Always Create Backup Copy
  • Kemudian klik OK
Cara kerja pengaturan ini: Ketika kita menyimpan sebuah dokumen ms word pada folder tertentu dengan nama FILE_ANDA maka jika kita melakukan pembaruan baik mengurangi isi dokumen maupun menambah isi dokumen tersebut, secara otomatis microsoft word akan memberikan salinan di dalam folder tersebut dengan nama file Backup of FILE_ANDA. Sehingga jika sewaktu-waktu ada permasalahan pada komputer yang menyebabkan komputer mati atau ada ganggunan kelistrikan maka kita sudah mengatisipasi dengan melakukan otomatis backup. Perubahan terakhir yang kita lakukan akan ada di dalam file Backup of FILE_ANDA.

Read more...

Cara menyembunyikan text/font pada microsoft word - hidden font

Hidden pada kalimat tertentu atau font di microsoft office word dapat dilakukan dengan merubah pengaturan dari font tersebut agar font tersebut di hidden sehingga font tidak dapat ditampilkan dan dibaca oleh orang lain. Mempunyai dokumen yang sangan penting dan sangat rahasia haruslah dijaga keamanannya, terlebih lagi dokumen atau tulisan tersebut tidak boleh dibaca oleh sembarang orang, misalnya seperti password email maupun pin untuk aktivasi akun tertentu. Untuk mengingat data akun kita kadang kita perlu mencatatnya pada dokumen di microsoft word agar kelak jika kita lupa terhadap password atau pin bisa kita lihat di dalam dokumen tersebut.

Akan tetapi bagaimana jika dokumen tersebut dibaca oleh orang lain? sehingga password atau pin kita menjadi bukan rahasia lagi? Untuk mengatasi hasl tersebut kita bisa menyembunyikan kalimat tertentu pada sebuah dokumen atau suku kata yang ada pada dokumen sehingga kata atau kalimat tersebut tidak bisa terbaca oleh orang lain.

Agar file anda aman dan tetap rahasia, untuk menyembunyikan kata atau kalimat pada dokumen ms word, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Blok terlebih dahulu kalimat atau kata yang akan disembunyikan
  • Selanjutnya klik kanan pada kalimat tersebut sehingga akan muncul popup, kemudian pilih FONT
  • Maka anda akan dibawa ke jendela FONT.
  • Pada jendela FONT ada kolom pengaturan effects pada font
  • Centang tanda HIDDEN untuk menyembunyikan kata atau kalimat.
  • Dengan cara ini maka tulisan atau kalimat yang anda sembunyikan tidak dapat dilihat oleh orang lain.
  • Untuk mengembalikan tampilan dari kalimat yang hilang anda bisa hilangkan tanda centang pada hidden di effects font. 
  • Jika anda kesulitan untuk mensorting atau mengeblok tulisan yang hilang, anda bisa menekan CTRL + A untuk mengeblok semua tulisan. 

Read more...

Cara cepat merubah huruf awal kalimat atau kata menjadi huruf besar

Bagaimana cara cepat merubah huruf yang berada di awal kata atau kalimat menjadi huruf besar atau huruf kapital tanpa harus mengedit satu persatu? Pada saat kta mengetik kadang kita akan lupa dengan menekan tombol SHIFT sehingga hasil dari tulisan kita tetap huruf kecil, padahal kita akan merubah tulisan tersebut menjadi huruf besar.

Atau pada saat mengtik ketika tulisan sudah berakhir dengan tanda titik di akhir kalimat, kadang kita juga langsung mengtikkan tanpa menekan tonbol SHIFT atau mengaktifkan fungsi CAPS LOCK sehingga huruf diawal kalimat menjadi huruf kecil. Kita tahu bahwa penulisan yang benar adalah huruf pada awal kalimat harus menggunakan huruf kapital atau huruf besar. Bagaimana cara merubahnya secara otomatis tanpa mengedit satu per satu tulisan tersebut?

Untuk merubah tulisan diawal kalimat menjadi huruf besar ikuti langkat berikut:

  1. Klik Office button --> pilih Word Option
  2. Maka akan muncul jendela Word Option
  3. Pilih menu proofing pada sidebar sebelah kiri, kemudian pada panel sebelah kanan klik AutoCorrect Option
  4. Maka akan muncul jendela AutoCorrect
  5. Selanjutnya centang tanda Capitalize first letter of sentences dan Capitalize first letter of table cells.
  6. Jika sudah selesai klik OK
Untuk merubah huruf diawal kata menjadi huruf besar ikuti langkah berikut:
  • Blok terlebih dahulu tulisan atau kalimat yang akan dirubah
  • Selanjutnya klik tombol keyboard ALT -- O -- E secara bergantian
  • maka akan muncul jendela Change Case
  • Centang pilihan Capitalize Each Word
  • Klik OK


Read more...

Cara mempercepat print dokumen di microsoft word

Cara mengatur pengaturan di ms word agar mempercepat proses print dokumen di microsoft word dapat dilakukan dengan men-setting pengaturan printer yang ada pada word option. Pada saat melakukan pekerjaan mencetak dokumen dengan file ms word maka kita akan juga tergantung dari jenis printer yang digunakan. Jenis printer yang digunakan juga akan mempengaruhi cepat atau tidaknya proses percetakan. Jika kita menggunakan printer jenis laserjet maka proses percetakan akan lebih cepat dibandingkan dengan jika kita menggunakan printer jenis tinta.

Akan tetapi jika kita ingin mencetak dokumen dengan lebih cepat dari yang biasanya, ada dua hal yang harus disetting yaitu pengturan pada printer dan pengaturan pada microsoft office word itu sendiri. Untuk mempercepat dengan mengatur pengaturan pada printer, kita dapat mengubah print quality menjadi fast.

Selain itu kita juga harus mengatur pengaturan pada word optionnya agar proses cetakan lebih cepat. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah anda membuka dokumen anda
  • Klik office button pada pojok kiri atas kemudian pilih WORD OPTION
  • Setelah muncul jendela WORD OPTION pilih menu ADVANCE, kemudia pada panel sebelah kanan scroll ke bawah sampai anda menemukan kolom PRINT.
  • Selanjutnya hilangkan tanda PRINT IN BACKGROUND
  • Jika sudah selesai klik OK



Read more...

Cara merubah nama penulis pada microsoft word - Author name

Nama penulis sangat melekat pada sebuah dokumen atau file di microsoft office, baik di microsoft office word, power point maupun pada microsoft office excell. Nama penulis ini akan menjadi sebuah identitas dari sebuah file sehingga akan memberikan keterangan kepada orang lain tentang file tersebut dan siapa pembuatnya. Nama penulis sendiri umumnya adalah nama dari komputer kita yang menjadi default name author dari microsoft word kita.

Untuk melihat nama penulis dari sebuah file microsoft word, anda bisa mengarahkan mouse pada file tersebut sehingga akan muncul popup keterangan dari dokumen tersebut. Didalam keterangan tersebut biasanya terdapat keterangan tentang kapan data tersebut terakhir dimofikasi, nama penulis, ukuran file dan lain-lain. Jika kita mengcopy data tersebut dari komputer lain atau dari orang lain maka data tersebut mempunyai nama penulis milik orang lain. Atau anda juga bisa melihat keterangan tersebut dengan menampilkan detail dari file tersebut.

Untuk merubah nama penulis dari sebuah dokumen atau file di microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada file yang akan diganti nama penulisnya, selanjutnya klik properties.
  2. Setelah jendela properties muncul, pilih menu details.
  3. Selanjutnya pada kolom author, ganti dengan nama baru dari penulis, misalkan nama anda atau anda juga bisa menambahkan nama penulis dari dokumen tersebut.
  4. Selanjutnya klik OK 

Read more...