This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Tuesday, 6 May 2014

Cara membuat surat masal / mail merge pada microsoft office word

Fungsi mail merge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat.

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang fungsi dari mail merge pada ms word, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mail merge pada microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buat template surat yang akan dibuat surat masal
  2. Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
  3. Pada popup menu, pilih Type New List.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat. 
  5. Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
  6. Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
  7. langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
  8. Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
  9. Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
  10. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
  11. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.

Fungsi mailings pada microsoft office word

Fungsi mailings pada ms word berbeda dengan fungsi dari hiperlinks. Jika hiperlink berfungsi untuk memberikan jalan pintas kepada kata atau kalimat yang dituju melalui hiperlinks, akan tetapi fungsi dari mailings pada ms word adalah untuk membuat link yang akan terhubung ke dalam database yang sudah dibuat. database bisa dari microsoft office access atau dari microsoft office excel. Fungsi mailings biasanya digunakan untuk membuat surat masal dengan format tulisan yang sama tetapi mempunyai data yang berbeda dari setiap surat. Misalnya kita akan membuat undangan dengan jumlah 100 undangan dengan format undangan yang sama, akan tetapi kita harus memasukkan nama dari penerima surat berbeda-beda.

Dengan fungsi ini kita bisa langsung membuat surat secara otomatis yang sudah terhubung dengan database yang sudah dibuat dan kita juga bisa mencetak surat sesuai dengan urutan database yang sudah kita buat.

Untuk membuat surat yang sudah terintegrasi dengan database, kita harus membuat template dari surat tersebut. untuk membuatnya kita hanya perlu menggunakan fungsi mailings pada microsoft office word. atau lihat gambar di bawah ini.
Selanjutnya pilih start mail merge untuk memulai membuat surat masal. untuk membuat surat massal ikuti langkah pada postingan cara membuat mail merge / surat masal pada microsoft office word.
Semoga bisa bermanfaat ....

Monday, 5 May 2014

Cara merubah warna garis bawah / underline pada microsoft office word

Garis bawah atau underline pada microsoft office word biasanya digunakan untuk memberikan tanda pada sebuah kata atau kalimat dengan tujuan untuk memberikan penekanan arti pada kalimat atau kata yang di garis bawahi. Secara default warna garis bawah pada saat kita membuat garis bawah di microsoft word adalah warna hitam, sehingga garis bawah tersebut tidak begitu kelihatan karena warna garis bawahnya sama dengan warna text pada lembar kerja ms word. untuk menggati warna garis bawah / underline pada microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Seleksi kata atau kalimat yang akan diberi garis bawah dengan memblok kata tersebut.
  2. Klik menu home pada menu bar, selanjutnya klik U pada group font
  3. Setelah selesai membuat garis bawah, klik tanda anak panah kecil di sebelah kanan tanda U.
  4. Selanjutnya akan muncul popup menu, kemudian pilih underline color.
  5. Pilih warna  garis bawah sesuai dengan kesukaan anda.
  6. Lihat hasilnya.
Dengan memberikan garis bawah pada kata maupun kalimat, maka akan memberikan penekanan untuk menjadi sebuah topik pembicaraan maupun kata kunci dari sebuah kalimat. Sehingga pembaca akan lebih memfokuskan pada kata maupun kalimat yang digaris bawahi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ....


Wednesday, 30 April 2014

Cara merubah warna font pada microsoft word

Cara mengganti dan merubah warna tulisan (font color) pada lembar kerja ms word - Warna font default pada lembar kerja microsoft office word adalah hitam, sehingga jika kita ingin membuat tulisan dengan warna merah, kuning, maupun warna yang lain, kita harus merubah pengaturan default dari font color. untuk mengganti warna font atau tulisan pada lembar kerja microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka lembar kerja microsoft office word.
  2. Kettikkan kalimat atau kata yang akan anda tulis.
  3. Selanjutnya seleksi tulisan atau kata yang akan diganti warna font nya dengan cara mengeblok tulisan yang dipilih. Jika anda ingin mengganti warna font untuk semua tulisan yang ada pada lembar kerja microsoft word tekan CTRL + A untuk menyeleksi semua tulisan.
  4. Pada menu Home, pilih menu font color pada group Font. Menu font color biasanya menggunakan logo huruf A dengan garis bawah warna merah.
  5. Selanjutnya akan muncul pilihan warna yang ditawarkan. Pilih warna sesuai dengan pilihan anda.
  6. Lihat hasilnya dan selamat mencoba.
  7. Jika anda ingin mengembalikan warna font seperti semula, Ulangi langkah no. 3 dan dan  ganti warna dengan automatic.
Semoga rtikel ini bisa bermanfaat ....

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang - Pasti sebagian sobat ada yang mengalami masalah ini dan otomatis pasti sangat menjengkelkan bukan? Kejadian seperti ini biasanya terjadi karena Android terlalu terbebani dengan aplikasi yang di buka lebih dari satu,dan akhirnya over load,Untuk mengatasi tersebut kali ini saya akan berbagi sedikit tips,Silahkan disimak


 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang

1) Tekan pada tombol home + tombol power + tombol volume(+) secara bersamaan
2) Kemudian akan muncul logo Samsung,lalu lepaskan penekanan pada tombol home,dan tombol power serta tombol volume(+) tetap ditekan,jangan sampai terlepas
3) Setelah itu akan muncul logo boneka android,lalu lepaskan tombol yang sobat tekan tadi
4) Kemudian tekan tombol opton yang terdapat pada bagian kiri bawah layar
5) Tentukan menu recovery menggunakan tombol volume (atas atau bawah),selanjutnya tekan pada wipe data/factory reset
6) Sobat juga bisa melakukan hard reset dengan menekan nomor *2767*3855#
Note : Yang perlu sobat perhatikan sebelum melakukan cara ini pastikan sobat sudah memback up data yang ada di Android sobat ke PC atau yang lain, di karenakan cara ini biasanya akan mengembalikan kondisi Android pada settingan semula dari apbrik

  Sekian dulu sobat artikel tentang Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang,Semoga bermanfaat

Tuesday, 29 April 2014

Cara membuat nomor urut baris pada dokumen di ms word

Cara paling mudah untuk memberi nomor baris pada dokumen di microsoft office word 2007 - Nomor urut setiap baris pada sebuah dokumen di dalam lembar kerja microsoft word biasanya digunakan pada saat kita membuat koding program sehingga kita lebih mudah untuk mencari dan membuat daftar dari koding yang sudah kita buat. Untuk membuat nomor urut baris pada dokumen di ms word 2007 ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka lembar kerja microsoft office anda.
  2. Klik page layout pada menubar
  3. Pada group page setup, pilih line numbers.
  4. Selanjutnya kan muncul popup menu yang ditawarkan untuk membuat line number, kemudian pilih continuous untuk memunculkan nomor baris.
  5. Jika sudah selesai, anda akn melihat nomor urut baris yang terletak pada sisi bagian kiri page layout anda.
Ketika muncul popup menu pada saat mengeklik line numbers, terdapat pilihan:

  1. None berfungsi untuk tidak menampilkan atau menghilangkan nomor baris pada lembar kerja.
  2. Continuous berfungsi untuk memberikan atau menampilkan nomor baris pada lembar kerja.
  3. Restart Each Page digunakan untuk menampilkan nomor baris diulang kembali ke nomor 1 pada awal setiap halaman
  4. Restart Each Section digunakan untuk menampilkan nomor baris diulang kembali ke nomor 1 pada awal setiap section
  5. Suppress for current paragraph berfungsi untuk tidak menampilkan nomor baris pada paragraf tertentu yang dipilih
  6. Line Numbering Options berfungsi untuk mengatur format nomor baris.
Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat ....

Cara membuat page border pada ms word

Page border pada microsoft office adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word. Page boerder akan memberikan kesan kokoh pada sebuah halaman. untuk membuat page border pada lembar kerja ms word ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik page layout pada menu bar
2. Pada group page background, pilih page border.
3. Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela borders and shading.

4. Pada bagian setting, pilih bingkai yang anda inginkan.

  • None artinya tidak memberikan bingkai pada halaman
  • Box artinya memberikan bingkai pada seluruh sisi dari sebuah halaman
  • Shadow artinya memberikan bingkai pada halaman dengan efek bayangan.
  • 3-D artinya memberikan bingkai dengan efek 3-D pada halaman.
  • Custom artinya membuat bingkai pada sisi tertentu pada sebuah halaman, kita bisa memberikan hanya pada bagian sisi kiri, sisi kanan, bagian bawah maupun bagian atas saja.

5. Selanjutnya buat pengaturan pada style, color, width dan art.

  • Style berfungsi untuk mengatur style atau model dari baris border yang akan di gunakan
  • Color berfungsi untuk memberikan warna dari garis border yang digunakan
  • Width berfungsi untuk mengatur ketebalan dari garis border.
  • Art berfungsi untuk memberikan bingkai dengan motif dan model tertentu, misalnya pohon,bintang dan lain lain.

6. Kemudian buat juga pengaturan pada Apply to:

  • Whole document berfungsi untuk mengatur bingkai pada semua halaman dalam lembar kerja ms word anda.
  • This section berfungsi untuk memberikan bingkai pada halaman yang dipilih saja.
  • This section – First page only berfungsi untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
  • This section – All except first page berfungsi untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.

7. Klik OK jika sudah selesai.

Cara membuat surat masal / mail merge pada microsoft office word

Fungsi mail merge pada ms word sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat.

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang fungsi dari mail merge pada ms word, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan fungsi mail merge pada microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buat template surat yang akan dibuat surat masal
  2. Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
  3. Pada popup menu, pilih Type New List.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat. 
  5. Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
  6. Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
  7. langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
  8. Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
  9. Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
  10. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
  11. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.

Read more...

Fungsi mailings pada microsoft office word

Fungsi mailings pada ms word berbeda dengan fungsi dari hiperlinks. Jika hiperlink berfungsi untuk memberikan jalan pintas kepada kata atau kalimat yang dituju melalui hiperlinks, akan tetapi fungsi dari mailings pada ms word adalah untuk membuat link yang akan terhubung ke dalam database yang sudah dibuat. database bisa dari microsoft office access atau dari microsoft office excel. Fungsi mailings biasanya digunakan untuk membuat surat masal dengan format tulisan yang sama tetapi mempunyai data yang berbeda dari setiap surat. Misalnya kita akan membuat undangan dengan jumlah 100 undangan dengan format undangan yang sama, akan tetapi kita harus memasukkan nama dari penerima surat berbeda-beda.

Dengan fungsi ini kita bisa langsung membuat surat secara otomatis yang sudah terhubung dengan database yang sudah dibuat dan kita juga bisa mencetak surat sesuai dengan urutan database yang sudah kita buat.

Untuk membuat surat yang sudah terintegrasi dengan database, kita harus membuat template dari surat tersebut. untuk membuatnya kita hanya perlu menggunakan fungsi mailings pada microsoft office word. atau lihat gambar di bawah ini.
Selanjutnya pilih start mail merge untuk memulai membuat surat masal. untuk membuat surat massal ikuti langkah pada postingan cara membuat mail merge / surat masal pada microsoft office word.
Semoga bisa bermanfaat ....

Read more...

Cara merubah warna garis bawah / underline pada microsoft office word

Garis bawah atau underline pada microsoft office word biasanya digunakan untuk memberikan tanda pada sebuah kata atau kalimat dengan tujuan untuk memberikan penekanan arti pada kalimat atau kata yang di garis bawahi. Secara default warna garis bawah pada saat kita membuat garis bawah di microsoft word adalah warna hitam, sehingga garis bawah tersebut tidak begitu kelihatan karena warna garis bawahnya sama dengan warna text pada lembar kerja ms word. untuk menggati warna garis bawah / underline pada microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Seleksi kata atau kalimat yang akan diberi garis bawah dengan memblok kata tersebut.
  2. Klik menu home pada menu bar, selanjutnya klik U pada group font
  3. Setelah selesai membuat garis bawah, klik tanda anak panah kecil di sebelah kanan tanda U.
  4. Selanjutnya akan muncul popup menu, kemudian pilih underline color.
  5. Pilih warna  garis bawah sesuai dengan kesukaan anda.
  6. Lihat hasilnya.
Dengan memberikan garis bawah pada kata maupun kalimat, maka akan memberikan penekanan untuk menjadi sebuah topik pembicaraan maupun kata kunci dari sebuah kalimat. Sehingga pembaca akan lebih memfokuskan pada kata maupun kalimat yang digaris bawahi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ....



Read more...

Cara merubah warna font pada microsoft word

Cara mengganti dan merubah warna tulisan (font color) pada lembar kerja ms word - Warna font default pada lembar kerja microsoft office word adalah hitam, sehingga jika kita ingin membuat tulisan dengan warna merah, kuning, maupun warna yang lain, kita harus merubah pengaturan default dari font color. untuk mengganti warna font atau tulisan pada lembar kerja microsoft word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka lembar kerja microsoft office word.
  2. Kettikkan kalimat atau kata yang akan anda tulis.
  3. Selanjutnya seleksi tulisan atau kata yang akan diganti warna font nya dengan cara mengeblok tulisan yang dipilih. Jika anda ingin mengganti warna font untuk semua tulisan yang ada pada lembar kerja microsoft word tekan CTRL + A untuk menyeleksi semua tulisan.
  4. Pada menu Home, pilih menu font color pada group Font. Menu font color biasanya menggunakan logo huruf A dengan garis bawah warna merah.
  5. Selanjutnya akan muncul pilihan warna yang ditawarkan. Pilih warna sesuai dengan pilihan anda.
  6. Lihat hasilnya dan selamat mencoba.
  7. Jika anda ingin mengembalikan warna font seperti semula, Ulangi langkah no. 3 dan dan  ganti warna dengan automatic.
Semoga rtikel ini bisa bermanfaat ....

Read more...

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang - Pasti sebagian sobat ada yang mengalami masalah ini dan otomatis pasti sangat menjengkelkan bukan? Kejadian seperti ini biasanya terjadi karena Android terlalu terbebani dengan aplikasi yang di buka lebih dari satu,dan akhirnya over load,Untuk mengatasi tersebut kali ini saya akan berbagi sedikit tips,Silahkan disimak


 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang

1) Tekan pada tombol home + tombol power + tombol volume(+) secara bersamaan
2) Kemudian akan muncul logo Samsung,lalu lepaskan penekanan pada tombol home,dan tombol power serta tombol volume(+) tetap ditekan,jangan sampai terlepas
3) Setelah itu akan muncul logo boneka android,lalu lepaskan tombol yang sobat tekan tadi
4) Kemudian tekan tombol opton yang terdapat pada bagian kiri bawah layar
5) Tentukan menu recovery menggunakan tombol volume (atas atau bawah),selanjutnya tekan pada wipe data/factory reset
6) Sobat juga bisa melakukan hard reset dengan menekan nomor *2767*3855#
Note : Yang perlu sobat perhatikan sebelum melakukan cara ini pastikan sobat sudah memback up data yang ada di Android sobat ke PC atau yang lain, di karenakan cara ini biasanya akan mengembalikan kondisi Android pada settingan semula dari apbrik

  Sekian dulu sobat artikel tentang Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Samsung yang suka Hang,Semoga bermanfaat

Read more...

Cara membuat nomor urut baris pada dokumen di ms word

Cara paling mudah untuk memberi nomor baris pada dokumen di microsoft office word 2007 - Nomor urut setiap baris pada sebuah dokumen di dalam lembar kerja microsoft word biasanya digunakan pada saat kita membuat koding program sehingga kita lebih mudah untuk mencari dan membuat daftar dari koding yang sudah kita buat. Untuk membuat nomor urut baris pada dokumen di ms word 2007 ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka lembar kerja microsoft office anda.
  2. Klik page layout pada menubar
  3. Pada group page setup, pilih line numbers.
  4. Selanjutnya kan muncul popup menu yang ditawarkan untuk membuat line number, kemudian pilih continuous untuk memunculkan nomor baris.
  5. Jika sudah selesai, anda akn melihat nomor urut baris yang terletak pada sisi bagian kiri page layout anda.
Ketika muncul popup menu pada saat mengeklik line numbers, terdapat pilihan:

  1. None berfungsi untuk tidak menampilkan atau menghilangkan nomor baris pada lembar kerja.
  2. Continuous berfungsi untuk memberikan atau menampilkan nomor baris pada lembar kerja.
  3. Restart Each Page digunakan untuk menampilkan nomor baris diulang kembali ke nomor 1 pada awal setiap halaman
  4. Restart Each Section digunakan untuk menampilkan nomor baris diulang kembali ke nomor 1 pada awal setiap section
  5. Suppress for current paragraph berfungsi untuk tidak menampilkan nomor baris pada paragraf tertentu yang dipilih
  6. Line Numbering Options berfungsi untuk mengatur format nomor baris.
Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat ....

Read more...

Cara membuat page border pada ms word

Page border pada microsoft office adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word. Page boerder akan memberikan kesan kokoh pada sebuah halaman. untuk membuat page border pada lembar kerja ms word ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik page layout pada menu bar
2. Pada group page background, pilih page border.
3. Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela borders and shading.

4. Pada bagian setting, pilih bingkai yang anda inginkan.

  • None artinya tidak memberikan bingkai pada halaman
  • Box artinya memberikan bingkai pada seluruh sisi dari sebuah halaman
  • Shadow artinya memberikan bingkai pada halaman dengan efek bayangan.
  • 3-D artinya memberikan bingkai dengan efek 3-D pada halaman.
  • Custom artinya membuat bingkai pada sisi tertentu pada sebuah halaman, kita bisa memberikan hanya pada bagian sisi kiri, sisi kanan, bagian bawah maupun bagian atas saja.

5. Selanjutnya buat pengaturan pada style, color, width dan art.

  • Style berfungsi untuk mengatur style atau model dari baris border yang akan di gunakan
  • Color berfungsi untuk memberikan warna dari garis border yang digunakan
  • Width berfungsi untuk mengatur ketebalan dari garis border.
  • Art berfungsi untuk memberikan bingkai dengan motif dan model tertentu, misalnya pohon,bintang dan lain lain.

6. Kemudian buat juga pengaturan pada Apply to:

  • Whole document berfungsi untuk mengatur bingkai pada semua halaman dalam lembar kerja ms word anda.
  • This section berfungsi untuk memberikan bingkai pada halaman yang dipilih saja.
  • This section – First page only berfungsi untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
  • This section – All except first page berfungsi untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.

7. Klik OK jika sudah selesai.


Read more...